fbpx

Cara Mengubah Web dari HTTP ke HTTPS

Cara Mengubah Web dari HTTP ke HTTPS – Artikel ini membahas Cara Konversi Protokol Website berbasis WordPress dari HTTP ke HTTPS. Demi keamanan Web kita, sebaiknya segera Ganti protokol web kita dari HTTP ke HTTPS.. Saya beritahu caranya disini. Ini MUDAH dan GRATIS. 🙂 ** Btw, cara ini adalah untuk Website yang menggunakan CMS WordPress.

HTTPS atau “Hyper Text Transfer Protocol Secure” baru bisa digunakan ketika Web kita memiliki Sertifikat SSL atau “Secured Socket Layer”. Oleh karena itu, kita Harus menginstall SSL nya dulu. Lalu di-Redirect ke WordPress, menggunakan Plugin “Really Simple SSL”. Barulah HTTPS akan ter-install, sehingga akan muncul logo Gembok berwarna hijau dan tulisan “Aman” di depan alamat web kita.

Cara Mengubah Web dari HTTP ke HTTPS
Web yang sudah HTTPS, ada logo gembok

Kenapa sih harus menggunakan HTTPS ??
1. Sangatlah penting untuk keamanan Transaksi Data di website, baik bagi pemilik maupun pengunjung. Seluruh Data yg masuk ke Web kita, akan di-ENKRIPSI, sehingga lebih Aman. Baik data password, username, email, sampai info kartu kredit. (Jadi bagi yang punya Toko Online, penting banget nih supaya data pengunjung anda aman, dan web anda lebih Dipercaya)

2. HTTPS Meningkatkan ranking Web kita di Google. Protokol ini menjadi salah satu faktor SEO yang diperhitungkan Google.

Cara Mengubah Web dari HTTP ke HTTPS

Oke.., begini langkah-langkahnya :

1. Install dulu Sertifikat SSL nya. Masuk ke CPANEL, pilih Security, lalu pilih LETS ENCRYPT.

Cara Mengubah Web dari HTTP ke HTTPS

2. Klik “Issue” pada Web yang ingin anda pasang HTTPS. Semua web anda sebaiknya dipasang HTTPS, jadi semuanya di klik Issue.

Cara Konversi Web dari HTTP ke HTTPS

3. Akan muncul berbagai konfigurasi Web anda, kasih centang juga untuk opsi Subdomain. Lalu klik tombol Issue di bawah.

Cara Konversi WordPress dari HTTP ke HTTPS

4. Done! Sertifikat SSL anda sudah terinstall. Eits, ini belum selesai, kita masih harus Redirect ke WordPress dengan Plugin.
** PERHATIAN. Tidak semua Hosting menyediakan Sertifikat SSL Gratis seperti ini. Contoh Hostgator, itu Bayar, langganan SSL hingga 40 Dollar per tahun. Jadi bagi anda yang Belum terlanjur, sebaiknya memang tidak menyewa Hostgator. Kalau utk Stablehost dan Dewaweb itu SSL nya Gratis, setau saya.

5. Ok langkah selanjutnya, masuk ke Dashboard Web anda, lalu install Plugin “Really Simple SSL” . Lalu klik Install Now. Dan jangan lupa tekan tombol Activate.

Cara Mengubah WordPress dari HTTP ke HTTPS

6. Setelah plugin terinstall, klik “Go ahead, activate SSL”

Cara Mengubah Web WordPress dari HTTP ke HTTPS

7. Anda akan diminta Login ulang.

8. Setelah itu.. taraaaa.. Web anda sudah HTTPS.. Bukan HTTP lagi. Kalau diketik di browser, akan muncul logo Gembok warna hijau dan tulisan “Aman” 🙂

Cara Mengubah Website dari HTTP ke HTTPS
Web sudah menjadi Protokol HTPPS

Oke demikian infonya, semoga bermanfaat. Sudah lewat dari 2017.., jangan lupa konversi webnya ke HTTPS. 🙂 **Untuk anda yang ingin mendapatkan Tutorial LENGKAP tentang Bisnis Online, dan diberikan SEUMUR HIDUP pula, anda bisa mendaftar ke Komunitas SB1M silakan diklik. WA 0813 8154 6943.

Demikianlah Cara Mengubah Web dari HTTP ke HTTPS . Oke, Tips saja : Bagi anda yang menggunakan Server Hostgator atau Server lain yang SSL nya berbayar, maka supaya lebih murah, anda bisa berlangganan SSL nya di luaran. Lalu sertifikat SSL tersebut tinggal diupload ke Hostgator anda (Pihak Hosting bisa membantunya). Bila berlangganan SSL di luaran, harganya sekitar 120 s.d 200 ribu rupiah per tahun, jadi jauh lebih murah ketimbang di Hostgator sendiri.  Membeli SSL di luaran bisa di Dewaweb atau Niagahoster.

Demikian informasi dari saya, semoga bermanfaat 🙂 ( Baca juga : Tutorial SEO untuk Website Profesional )

Bagikan Artikel Ini

You May Also Like

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
WhatsApp chat

Yuk Daftar FREE MEMBER ! 

GRATIS Tutorial Digital Marketing hingga 2 Tahun 

dan Grup Telegram Seumur Hidup!

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

KURSUS BISNIS ONLINE will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.