Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Buat Pemula

Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Buat Pemula

Bagikan Artikel Ini

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Buat Pemula ? Pada artikel kali ini anda akan mendapatkan jawabannya secara betul-betul Praktis, karena memang berdasarkan pengalaman nyata dari Penulis sendiri, jadi bukan sekedar teori semata.

Ada beberapa Bisnis yang bisa anda lakukan, yang bisa menjadi SOLUSI bagi anda, yang betul-betul bisa dimulai dari NOL, meski anda Pemula sama sekali, persis seperti Penulis sendiri (Andreas Agung) saat memulainya beberapa tahun yang lalu. ( Artikel ini ditulis Juli 2019, Penulis memulai Bisnis Online ini tahun 2012, jadi seperti Penulis sendiri memulainya 7 tahunan yang lalu ).

Jadi, Bisnis Online apakah yang bisa anda mulai dengan Modal minim ? Dengan kondisi anda yang dari NOL itu, yaitu tanpa punya produk, tidak bisa produksi, tidak punya tempat khusus (gudang atau toko fisik), tanpa punya pegawai, tanpa punya kenalan orang-orang penting, dan berbagai keterbatasan lainnya ?

Inilah dia jawabannya.

1.DROPSHIP

Ya, anda Bisa memulai Bisnis Online secara DROPSHIP ! Inilah yang dahulu saya jalankan, dan tentunya bisa anda jalankan juga meskipun bermodal minim dan tidak punya Pegawai maupun Tempat khusus.

Apakah Dropship itu? Dropship adalah anda menjadi seorang PERANTARA saja. (bahasa gampangnya adalah anda menjadi seorang Makelar Online). Karena kondisinya ‘kan Anda tidak punya modal dan Produk, ya sudah kalau begitu anda tinggal MENJUALKAN saja Produknya orang lain. TANPA harus Stok Barang, dengan demikian tidak butuh modal besar sama sekali, karena anda hanya tinggal memasarkan produknya saja. Memasarkannya pun secara Online, sehingga dengan begitu anda tidak membutuhkan tempat khusus.

Yang perlu anda lakukan adalah menemui Supplier / Pedagang / Pemilik Toko / Pemilik Usaha, lalu ajukanlah diri anda untuk ikut menjualkan Produk atau Jasa dia (biasanya pemilik usaha akan senang sekali kalau ada orang lain yang mau ikutan menjualkan produk mereka, atau istilahnya menjadi “Agen” atau “Re-seller” mereka, karena itu artinya ada orang lain yang ingin ikutan untuk melariskan dagangan mereka ). Jadi anda ajukanlah diri untuk melakukan Dropship tersebut, atau istilahnya menjadi seorang Dropshipper 

Jadi nanti anda tinggal foto-foto saja berbagai produk yang mereka jual, lalu tinggal anda posting foto-foto tersebut di Internet, di berbagai Sosial Media milik anda, tentunya disertai dengan deskripsi produk, nomor kontak anda, dan harganya yang sudah anda naikkan sekitar 30%. PASTI nanti akan ada peminat. Tentunya para peminat ini akan menghubungi anda nantinya bila ingin membeli produk tersebut. Jadi, dengan begitu anda sudah punya Bisnis, dan bisa menghasilkan Uang dari sana…, meskipun anda itu tidak punya produk, minim modal, tidak bisa produksi barang, tidak punya tempat khusus, dan belum punya pegawai.

Tetapi perlu diingat, anda harus menjalankannya secara murni DROPSHIP ya, Jadi anda hanya bertindak murni sebagai PERANTARA saja. Jadi anda TIDAK PERLU stok barang, dan TIDAK PERLU Packing barang. 

Beginilah Skema Dropship itu :

Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Buat Pemula

Jadi anda tidak perlu Stok barang, Packing Barang, maupun melakukan Pengiriman Barang. Semua hal tersebut yang melakukan adalah Langsung si Supplier anda. Jadi Anda murni hanya bertugas memasarkan Produknya saja.

Apabila kita melihat skema diatas, jadi ketika ada konsumen yang order ke anda, anda segera langsung mengorderkannya ke si Supplier. Lalu si Supplier yang akan Packing barang tersebut dan Langsung mengirimkannya ke alamat si Konsumen, dengan menggunakan NAMA ANDA sebagai si Pengirimnya. 

Dengan sistem Dropship seperti ini, anda jadi tidak perlu capek-capek Packing barang dan mengirimkan barang tersebut. Semua itu langsung dikerjakan oleh si Supplier. Dan yang lebih penting lagi, anda tidak perlu Stok Barang. Barang tersebut tentunya berada di Gudang / Tokonya si Supplier. Jadi anda tidak perlu membelinya dulu untuk di-stok di rumah anda, tidak perlu. Menyetok barang seperti itu sangat beresiko bagi para Pemula dalam Bisnis. Kalau barangnya misal tidak laku / tidak habis, maka anda akan menanggung kerugian Dead Stock / Stok Mati Tidak keluar.

Lalu untuk Uang yang nanti anda dapatkan adalah dari Margin harga yang anda tentukan sendiri, biasanya yang pantas adalah sebesar 30%. Jadi misal anda mendapat harga dari Supplier Rp 100 ribu, maka nanti anda menjual produk tersebut seharga Rp 130 ribu.

Untuk Pembayarannya biasanya adalah secara Transfer Bank. Jadi konsumen yang order ke anda akan mentransfer pembayaran kepada anda sebesar Rp 130 ribu, lalu anda langsung belikan produk yang tersebut sebesar Rp 100 ribu ke si Supplier. Nah yang Rp 30 ribu itulah keuntungan anda.

Dengan demikian anda menjalankan sebuah bisnis nyaris tanpa modal, karena anda membelikan produk tersebut dengan uang dari konsumen. Dan lagipula anda tidak perlu stok barang juga.

Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Buat Pemula
Ilustrasi Pebisnis Online Dropshipper

MENEMUKAN SUPPLIER

Kunci dari keberhasilan Bisnis Dropship ini adalah anda harus memiliki Supplier yang memang mau, mengerti dan handal untuk menjalankan Dropshipping.

Oke, Inilah 2 cara ampuh untuk mencari Supplier, yang mana berdasarkan pengalaman saya sendiri :

1. Mencari Supplier Secara OFFLINE 

Sebetulnya tidak susah juga untuk mencari Supplier, di sekeliling kita itu sebetulnya bertebaran banyak sekali berbagai Peluang Usaha. Anda bisa mendapatkan Supplier secara Offline dengan cara mencarinya secara fisik langsung / kopi darat. Caranya, anda tinggal kunjungi saja Pasar-Pasar terdekat atau Pusat-Pusat Grosir di kota anda.

Sama seperti saya waktu dulu yang baru memulai Bisnis Online, saya waktu itu ingin berjualan online kaos-kaos dan jaket, jadi saya langsung mengunjungi Pusat Grosir Tanah Abang. Atau seperti teman saya yang ingin berjualan aksesoris HP, dia segera mengunjungi Roxy Mas.

Nah di Pasar seperti itu, jelas banyak sekali para Pemilik Toko atau Supplier yang bisa anda ajak kerjasama, malah berderet-deret saking banyaknya. Saya mengunjungi salah satu Toko Fashion waktu itu di Blok B Tanah Abang, lalu mengajukan diri menjadi Dropshipper di toko tersebut. 

Tentu saja disambut baik, malah saya waktu itu tidak perlu repot-repot memfoto produk-produknya, malah saya yang langsung dikasih semua foto katalog produknya oleh si pemilik toko tersebut, jadi tinggal saya posting-posting saja di Internet.

Seperti yang sudah saya sampaikan, biasanya si pemilik usaha justru senang kalau ada orang lain yang ingin ikut menjadi “Agen” nya, karena dengan begitu berarti ada orang lain yang ingin ikut melariskan jualannya.

Nah selain mengunjungi Pasar-Pasar atau Pusat-Pusat Grosir, anda juga bisa mendapatkan Peluang Bisnis dari orang-orang terdekat di sekitaran anda. Misalnya ada saudara atau tetangga anda yang punya usaha, nah anda tinggal ajukan diri saja untuk menjadi Dropshippernya.

Tetapi ingat, anda itu mengajukan diri dalam hal Kerjasama Bisnis, bukan minta pekerjaan apalagi minta Gaji. Kalau digaji, ya itu berarti anda malah menjadi karyawan mereka, dan bukan jadi Pebisnis. Kalau anda ingin Berbisnis, itu berarti Berjualan. Jadi Uang yang anda dapatkan nantinya adalah dari margin keuntungan anda, saat anda berhasil Closing alias membuat laku barang yang anda jual tersebut.

2. Mencari Supplier Secara ONLINE

Selain mencari langsung secara OFFLINE seperti pengalaman saya di atas, sebetulnya anda juga bisa menemukan Supplier dengan cara yang lebih Praktis lagi, yaitu cukup dengan bantuan komputer dan Internet dari kamar anda saja, alias secara ONLINE.

Jadi apa yang harus dilakukan ? Mudah saja, anda tinggal mengunjungi Marketplace besar seperti Tokopedia / Lazada / Shopee, Dan lain-lain. Nah di Marketplace itu kan ada JUTAAN pedagang disana, yang berarti bisa menghadirkan jutaan peluang juga. Dan mudah pula mereka untuk ditemukan dan diaksesnya.

Jadi misalnya anda ingin berjualan aksesoris komputer, maka anda tinggal cari / search saja kategori komputer. Lalu anda sortir dulu dengan memilih menu Penjualan Terlaris / Penjualan Terbanyak. Supaya anda mengetahui, produk komputer apakah yang sebetulnya paling Laris di marketplace tersebut. 

Mengapa mesti disortir yang penjualan terbanyak? Supaya memudahkan anda untuk menjualnya nanti. Karena produk tersebut sudah terbukti bisa Laku Banyak. Jadi merupakan sebuah produk yang terbukti marketnya besar. Jadi nanti anda tinggal ikutan menjualkan produk tersebut saja.

Nah kalau sudah ketemu produknya, anda tinggal kontak si penjualnya, jadikan si Penjual tersebut sebagai Supplier anda nantinya. Hubungi baik-baik, berkomunikasilah baik-baik. Ajukan diri anda untuk menjadi Dropshipper-nya.

Dalam proses ini, Anda perlu membaca dengan teliti dan seksama para calon Supplier anda itu, lihat dengan cermat histori transaksi mereka, bagaimana latar belakang mereka, dan ulasan-ulasan yang mereka terima dari para konsumennya. Dan penting juga agar anda mensortir  para calon supplier tersebut, sebaiknya yang berdomisil satu kota dengan anda. Ini penting supaya memudahkan anda sendiri apabila suatu saat ingin berkoordinasi atau kopi darat langsung dengan mereka. 

Setelah anda menemukan penjual yang bagus, dengan produk yang bagus, histori transaksi dan ulasan-ulasan  yang bagus, dan juga satu kota domisili dengan anda, maka jadikanlah dia sebagai Supplier anda.

CARA MENJUALNYA

Jadi, penjelasan diatas itulah berbagai tips dan trik untuk mencari Produk, Supplier dan juga bagaimana memulai Bisnis Online pertama anda secara Dropship. Bila dirangkum, maka akan seperti ini langkah-langkahnya  :

  1. Tentukan dulu anda ingin berjualan apa, bisa berangkat dari Minat anda, bidang apa yang anda sukai.
  2. Cari Suppliernya, bisa secara Offline maupun Online.
  3. Lalu ajak Supplier tersebut untuk kerjasama bisnis, ajukan diri anda untuk menjadi Re-Seller nya, dalam hal ini sebagai Dropshipper
  4. Penting agar anda menjalankan Bisnis tersebut secara Dropship, sehingga anda tidak perlu bermodal besar maupun Stok Produk.
  5. Lalu bagaimana cara menjualnya ? Tentunya dengan Internet Marketing / Digital Marketing. Sangat bagus apabila anda membuat Websitenya, lalu memanfaatkan periklanan Digital seperti halnya Facebook Ads, Instagram Ads, maupun Google Ads / SEM / Search Engine Marketing. Disinilah anda sebagai Pebisnis dituntut untuk mau terus belajar, agar anda semakin mahir dalam Berjualan Online, sehingga dengan demikian bisa closing produk sebanyak-banyaknya.

Jadi demikianlah Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Buat Pemula yaitu dengan Sistem Dropship. Jangan menganggap remeh bisnis online seperti Dropship ini. Meski bisa dimulai siapapun dengan modal minim, tetapi hasilnya juga bisa luar biasa apabila anda tekuni. Saya sendiri memulai bisnis online saya dengan sistem Dropship. Bisnis seperti inilah yang bahkan bisa membuat saya Resign dari kantor, bisa membuat saya pensiun kerja sedini mungkin sejak muda, dan sudah lebih dari 5 tahun ini menjalani kehidupan yang lebih Bebas dan Fleksibel sebagai Pebisnis Online Full-Time.

Nah selain Dropship, ada juga model Bisnis Online yang bisa anda mulai dengan modal minim dan tidak butuh memiliki produk, yakni Affiliate Marketing , silakan anda baca PART 2 dari artikel ini ya, disini : https://kursus-bisnisonline.com/cara-memulai-bisnis-online-tanpa-modal-buat-pemula-part-2/

Oh ya, kabar baiknya, kami ada Komunitas Digital Marketing, selain memberikan Pengajaran lengkap tentang Digital Marketing, seperti Membuat Website, SEO, SEM, FB Ads, IG Ads, Youtube, dan lain-lain, kami juga sudah menyediakan Produk Dropship bagi para member, sehingga member tidak perlu lagi bingung-bingung untuk riset, mencari supplier, Dll. Karena kami sudah sediakan semua. Sehingga anda bisa langsung berjualan online dan menghasilkan Profit. Silakan anda bisa mendaftar disini : Kursus Bisnis Online

Kabar baiknya, kami sudah sediakan menu FREE MEMBER, yang mana anda bisa mengikuti kelasnya hingga 3 kali GRATIS! dan mendapat grup telegram serta tutorial online hingga 3 tahun. Silakan anda bisa WA ke 0813-8154-6943. Oke, sampai jumpa di Kelas ya 🙂

Baca juga : Komunitas Bisnis Online Terbaik di Indonesia

 

.