Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Buat Pemula (Part 2)

Bagikan Artikel Ini

Artikel Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Buat Pemula (Part 2) ini adalah kelanjutan dari artikel saya sebelumnya yang Part 1. Untuk artikel yang Part 1 secara khusus mengulas tentang Bisnis Dropship. ( ** Btw, apabila anda belum membaca yang Part 1, sebaiknya membacanya dahulu, sehingga bisa lebih ‘nyambung’ dengan artikel yang Part 2 ini. Artikel yang Part 1 silakan klik disini : https://kursus-bisnisonline.com/cara-memulai-bisnis-online-tanpa-modal-buat-pemula/ ).

Nah oke, kita lanjut, jadi untuk artikel yang part 2 ini saya akan mengulas juga tentang sebuah Bisnis Internet, yang bisa dimulai juga oleh anda para Pemula sekalipun, yang mungkin memiliki banyak keterbatasan, seperti keterbasan modal, tempat, dan berbagai keterbatasan lainnya.

Perlu anda ketahui, selain sistem Dropship, ada juga sebuah Bisnis Online / Bisnis Digital yang bisa anda jalankan meskipun anda tidak punya produk, tidak bisa produksi, tidak punya karyawan, tidak punya gudang atau toko fisik, dan terkendala modal. Nama Bisnis Digital tersebut adalah AFFILIATE MARKETING atau BISNIS AFILIASI.

Nah apakah Affiliate Marketing itu ?? Affiliate Marketing pada dasarnya adalah anda menjadi seorang PERANTARA juga, atau seorang Makelar Online, jadi anda tinggal MENJUALKAN saja Produk / Jasa yang sudah ada, miliknya orang lain atau Vendor tertentu. Ketika anda berhasil menjualkan produk tersebut, maka anda akan menerima Komisi dari si Vendor. Besarnya komisi tentunya tergantung dari berapa banyak produk yang bisa anda jualkan. Semakin banyak yang bisa anda jual, tentunya semakin banyak pula komisi yang bisa anda peroleh.

Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Buat Pemula (Part 2)
Ilustrasi Pebisnis Online

Sebetulnya yang namanya Bisnis Afiliasi ini sudah ada dan sudah berjalan secara natural saja sejak dahulu kala, bahkan sebelum adanya era digital Internet. Saya berikan ilustrasinya berikut ini secara nyata, supaya anda bisa memahami tentang sistem bisnis ini.

Misal ada seorang yang tidak punya uang dan tidak punya produk untuk dijual, dia bernama X. Lalu ada seorang pemilik toko baju bernama Y.  Nah karena si X ingin memperoleh penghasilan, maka si X mendekati si Y dan lalu dia berkata, “Saya ingin punya penghasilan, tapi tidak punya modal dan tidak punya produk, jadi saya bantu jualkan deh baju-baju yang kamu punya. Kalau saya berhasil menjualkan bajumu, maka kamu tinggal memberikan saya Komisi”

Nah si Y jelas setuju, karena itu berarti ada orang lain yang malah ingin ikutan melariskan dagangannya. Jadi dengan senang hati si Y mempersilahkan si X untuk ikutan menjualkan baju-bajunya. Kalau mampu menjualkan baju-baju tersebut, maka si X akan menerima komisi Rp 50 ribu per baju yang laku terjual ( ini contoh saja).  

Akhirnya dalam perjalanannya, dengan kegigihannya mempromosikan toko si Y, si X berhasil membawa 5 pembeli ke toko si Y. Dan ke 5 orang tersebut jadi membeli baju di toko si Y. Dengan demikian si X mendapatkan Komisi = 5 x Rp 50 Ribu, yaitu Rp 250 ribu. 

Nahhh.. Si X itulah yang telah melakukan Affiliate Marketing. Karena sebelumnya dia sudah mendaftar sebagai Afiliasi atau “Makelar” atau “Agen” dari si Y, sehingga dia bisa menjualkan produk-produknya si Y untuk kemudian mendapatkan Komisi berdasarkan apa yang telah berhasil dia jual. 

Jadi itulah Affiliate Marketing.. Anda yang sudah mendaftar sebagai Afiliasi dari sebuah Vendor tertentu, tinggal menjualkan saja produk atau jasa yang dijual oleh Vendor tersebut. Tugas anda adalah mencarikan Pembeli sebanyak-banyaknya, atau Anda mereferensikan toko si vendor tersebut ke sebanyak mungkin orang. Semakin banyak anda mendapatkan pembeli, semakin banyak pula komisi yang bisa anda raih.

Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Buat Pemula

IMPLEMENTASI AFFILIATE MARKETING DI DUNIA DIGITAL / INTERNET

Nah anda sudah paham sekarang tentang model Bisnis Afiliasi. Lalu bagaimanakah implementasinya dalam dunia Internet / Digital ?? 

Jadi begini, sebagai Affiliate / Agen dari suatu Vendor pemilik produk, anda akan menerima yang namanya LINK AFFILIATE / LINK AFILIASI. Jadi si Vendor sudah memiliki Website khusus yang bisa menyediakan Membership Afiliasi. Nah para “agen” nya ini yang masing-masing akan memiliki sebuah Link Khusus atau Link Afiliasi itu. 

Tugas anda sebagai Affiliate adalah menyebarkan sebanyak mungkin Link yang anda punya itu, di berbagai Sosmed anda, Blog, Youtube, dan lain-lain. Apabila Link tersebut di-KLIK oleh pengunjung / teman-teman anda, maka mereka akan langsung masuk ke Toko Online / Website-nya si Vendor. Nah apabila mereka jadi belanja di Webnya si Vendor itu, maka anda yang akan mendapat Komisi, karena para pengunjung itu kan masuknya dari Link anda.. Begitu..

Oke, contoh langsungnya, di Internet itu ada banyak sekali vendor-vendor yang membuka kesempatan untuk menjadi Affiliate Marketing. Salah satunya yang cukup terkenal di Indonesia adalah Ratakan.com , sebuah marketplace produk digital yang mana anda bisa ikutan untuk menjualkan berbagai macam produk digital, seperti ebook, software, tools-tools, dan semacamnya. Pendaftaran sebagai Affiliate tentunya (biasanya) Gratis. Anda tinggal langsung saja mendaftar ke menu Afiliasi di Websitenya.

Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Buat Pemula (Part 2)

Anda tinggal mendaftar sebagai Affiliate dengan mengklik menu Afiliasi.

Anda akan mendapatkan Link Affiliate

Nah setelah anda mendaftar sebagai Affiliate, anda akan memiliki sebuah Akun disana yang biasa disebut sebagai “Member Area”. Nah di member area inilah anda bisa memilih ingin menjualkan produk yang mana. 

Misal anda sudah memilih salah satu produk, misal sebuah produk ebook untuk anda jualkan, maka anda akan mendapatkan Link Afiliasi nya (Link Afiliasi seperti pada gambar di atas). Jadi tugas anda adalah menyebarkan sebanyak mungkin Link tersebut secara Online, dengan tujuan agar anda mendapatkan sebanyak mungkin Traffic / Pengunjung yang meng-Klik Link tersebut. Apabila link afiliasi tersebut di-klik, tentunya akan mengarah ke Website si Vendor Ebook tersebut. Dan apabila si pengunjung jadi belanja di Web tersebut, maka anda, sebagai Afiliasi si vendor, akan mendapatkan Komisi dari si vendor. Karena dengan kata lain, anda berhasil MENDATANGKAN PEMBELI ke website si vendor tersebut… Jadi seperti itulah Affiliate Marketing. 

Komisi penjualan per produk tentunya tergantung dari kebijakan masing-masing vendor. Ada yang 10% dari total harga produknya, ada yang 20%, dan lain-lain. Misal harga produknya 100 ribu dan komisi per produk adalah 10%, maka kalau anda berhasil menjual 1 produk, anda akan mendapat komisi sebesar 10 ribu. Semakin banyak anda mampu menjual, tentu semakin besar pula komisi yang bisa anda dapatkan. 

Dan di dunia Internet, sebetulnya ada banyak sekali vendor-vendor yang membuka kesempatan untuk menjadi Affiliate mereka, seperti halnya ratakan.com ini, lalu juga amazon.com , dewaweb.com , hawkhost.com , dan lain-lain, dan termasuk juga marketplace besar seperti Tokopedia, yang mana sejak awal tahun 2019, Tokopedia juga membuka menu Affiliate. Jadi anda juga bisa menghasilkan income sebagai Affiliate Tokopedia, dari para Seller-Seller di Tokopedia yang membuka kesempatan bagi masyarakat untuk ikutan mereferensikan produk-produk yang mereka jual.

Oke, jadi itulah penjelasan tentang Affiliate Marketing, dalam artikel Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Buat Pemula (Part 2), yang mana Bisnis Internet seperti ini dapat menjadi Solusi bagi anda yang minim modal, tidak punya produk, tidak bisa produksi, tidak punya karyawan, tidak punya tempat khusus, dan berbagai keterbatasan lainnya. Anda bisa memulai sebuah bisnis online dengan cara menjadi seorang Affiliate Marketer.

Dan kabar baiknya, kami memiliki sebuah Komunitas Bisnis Online yang bisa membekali anda untuk bisa sukses dalam bidang bisnis Affiliate Marketing. Bahkan anda tidak perlu repot-repot mencari vendor / supplier lagi, karena kami sudah menyediakan produk yang bisa anda jualkan dengan sistem website membership Affiliate yang telah kami siapkan untuk anda.

Bahkan yang luar biasanya, komisi besar menanti anda, karena sekali saja berhasil menjual, komisinya hingga 2 Juta Rupiah! Kalau anda berhasil menjual 10 saja per bulan, itu berarti anda akan menerima Rp 20 Juta bersih per bulan sebagai komisi anda. Oke, anda bisa bergabung disini : Komunitas Bisnis Online , dan tentunya anda tidak perlu khawatir, karena cara-cara menjualnya juga diajarkan secara mendetail dengan Digital Marketing. Anda akan belajar banyak tentang SEO, SEM, Facebook Ads, Instagram Ads, Youtube Marketing, Email Marketing dan sebagainya. Sebagai bekal penunjang anda untuk mendapatkan sebanyak mungkin Traffic / Pembeli, sehingga anda bisa meraih sukses dalam bidang affiliate marketing / bisnis online ini.

Dan kabar baiknya lagi, kami menyediakan juga kelas GRATIS 3 kali, beserta Grup Telegram gratis untuk belajar, dan tutorial-tutorial gratis hingga 3 tahun. Anda cukup mendaftar sebagai FREE MEMBER saja, bisa WA ke 0813 8154 6943. Oke, sampai jumpa di kelas 🙂